10 September 2009

Doa Bukan Sekadar Dikabulkan atau Tidak

Sebagian besar orang pasti menganggap kesuksesan doa adalah saat doa itu terkabul. Namun, menurut Setiyo Purwanto, S.Psi., M.Si., psikolog dan dosen di Universitas Muhamadiyah Surakarta, manfaat doa ternyata tak sekadar dikabulkan atau tidak.
  1. Doa mengandung kekuatan pikiran yang lebih besar dibanding kalau kita tidak berdoa. Kekuatan pikiran itu yang nantinya akan membuat hal-hal yang tidak mungkin menjadi mungkin.
  2. Doa itu menentramkan. Pemahaman bahwa setelah upaya-upaya optimal dilaksanakan, lalu dengan doa kita memasrahkan saja kepada Yang Maha Memberi, mampu memberi ketenangan bagi jiwa.
  3. Doa membentuk sistem keyakinan kita. Hal tersebut dapat terjadi karena semakin tinggi keyakinan, semakin cepat pula keinginan kita akan terwujud. (Reader’s Digest Indonesia/RDI Sept’09)
Itulah kekuatan sebuah doa dari sudut pandang ilmiah. Mau dari sudut pandang mana pun, gw rasa doa akan sedikit berdampak positif bagi manusia. Jadi, tunggu apa lagi? Berdoalah segera setelah membaca postingan ini! :)

No comments: