10 September 2009

eMKaeM

Tanggal 02 September malam gw nonton salah satu acara di RCTI, gw sebutnya reality talk. Soalnya di acara tersebut menghadirkan sebuah permasalahan (keluarga) + orangnya dan diadakan perbincangan (bukan dibuat tayangan drama) untuk sama-sama cari jalan keluarnya.

Acara yang dipandu oleh Helmy Yahya dan Dian Nitami serta didukung oleh dua orang psikolog profesional (gw lupa namanya >.<) ini berjudul Masihkah Kau Mencintaiku (MKM). Mungkin MKM ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dari berbagai pertanyaan yang dilontarkan, semuanya akan berujung pada satu pertanyaan, yakni : "Masihkah anda mencintai pasangan anda?"
Tapi, MKM tadi malam tidak sampai pada pertanyaan mendasar-namun-sulit-dijawab tersebut. Baru kali ini saya lihat pertanyaan tersebut tidak tergapai! Mengapa? Karena di tengah jalan sang ibu (pengadu pelapor) dengan berbesar hati mengakui kesalahannya.

Dari situ gw belajar, seandainya saja suami-istri yang berkonflik saling mendengarkan, saling memaklumi, saling mengampuni dan mengatasnamakan cinta mereka, semua masalah bisa terselesaikan di istana mereka, di rumah mereka. Hal paling mendasar menurut gw yang diperlukan hanya sederhana, segenggam kerendahan hati. :)

"Semua masalah ada jalan keluar bila yang bermasalah tidak punya masalah dengan kerendahan hati"

No comments: